Azwar Anas Titip Pesan Untuk Kepala Daerah Sumbar Kedepan

admin

Padang – Azwar Anas Datuak Rajo Sulaiman, Mantan Gubernur Sumatera Barat dua periode (1997-1987) menyebutkan tokoh yang bertarung pada konsestasi Pilkada Sumatera Barat tahun 2020 mendatang, haruslah menguasai empat hal penting.

Empat hal penting menurut Azwar Anas itu adalah Legalitas, peristiwa empiris, sistem organisasi dan jiwa kebersamaan. Jika keempat hal ini mampu dikuasai, Azwar Anas yakin roda pemerintahan akan dapat berjalan dengan baik.

“Artinya, kalau saat ini sudah banyak tokoh. Yang kapabilitasnya untuk pemerintah daerah. Waktu zaman saya dulu sangat jarang,” kata Azwar Anas, yang kebetulan bertemu dengan Nasrul Abit, Wagub Sumbar di sebuah rumah makan, Rabu 31 Juli 2019.

Azwar Anas merinci, yang dimaksud dengan legalitas adalah, setiap apapun yang dikerjakan harus ada landasan dasar hukumnya. Hal ini, agar tidak ada pelanggaran yang terjadi.

Selanjutnya, peristiwa empiris yang diartikan pengalaman daripada orang yang pernah jadi gubernur. Harus tahu apa yang baik dan kurang baik. yang baik diteruskan yang kurang disempurnakan dan yang tidak baik ditinggalkan.

Hal yang ketiga kata Azwar adalah pengetahuan tentang sistem organisasi yang akan kita buat. Organisasi yang baik menurut Azwar, adalah organisasi yang mengikutsertakan potensi yang profesional. Bukan karena berdasarkan adanya hubungan keluarga, anak, atau kemenakan.

“Kalau saya dulu, tidak mau terima mereka. Harus ada tes psikotes,” ujar Azwar Anas yang juga mantan Menkokesra di kabinet pembangunan VI dan Menhub di Kabinet Pembangunan V.

Terakhir menurut Azwar, harus memiliki jiwa kebersamaan. Karena dalam memimpin, tidak bisa dilakukan oleh orang perorangan saja. Namun sebaliknya, harus bersama-sama. Mereka (calon kepala daerah-red) harus bisa merangkul semua,” katanya.

“Nah, khusus di Minangkabau. Kalau bisa yang jadi Gubernur itu yang tau dengan kato nan ampek yakni tahu jalan mendaki, melereng, mandata dan menurun,” katanya diiringi anggukan Nasrul Abit yang juga seorang datuk.

Azwar Anas, menjelaskan tugas dasar dari seorang gubernur ini adalah membangun manusianya, SDM. Nah untuk memahami itu, tentu mesti mengerti terlebih dahulu manusia itu apa definisinya.

Manusia itu, adalah jiwa yang menggunakan badannya. Jadi manusia utuh itu sangatlah tergantung dengan jiwanya kalau badan ini hanya alat.

“Ada tiga komponen yang mutlak dari manusia selain dari pada roh yakni, kecerdasan spritual, adat istiadat akhlak dan budi pekerti, serta intelektual,” ujar tokoh Sumbar itu.

Menurut Azwar Anas, pekerjaan rumah terbesar Pemerintahan Sumatera Barat kedepan yakni memikirkan bagaimana mengangkat potensi yang ada. Azwar menilai, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Pertama, sektor pariwisata, pertanian yakni pertanian pangan, perkebunan dan perikanan.

“Hanya saja, meski potensi kita besar disana tentu harus dipikirkan bagaimana pakai cara modernisasi,”tutupnya. Wawancara terhenti, karena dilanjutkan dengan makan siang yang nyaris terlewatkan waktunya.(*)