+62 811-6948-844 ~ ADC nasrulabit.com@gmail.com

Buka Festival Bahasa Jepang Se Sumbar, Nasrul Abit Minta Siswa Menghargai Waktu

Share

PADANG – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit membuka secara resmi Festival Bahasa Jepang Se Sumatera Barat. Acara yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA dan perwakilan dari Japan Fondation tersebut bertempat di SMA Negeri 5 Padang, Minggu (2/1/2020).

Selain lomba pidato juga diadakan kerajinan tangan khas Jepang. Yang menarik dalam acara ini di lapangan SMA Negeri 5 Padang disulap menjadi nuansanya dengan kebudayaan ala Jepan dan juga dihadiri oleh beberapa pelajar dari Jepang dengan menggunakan pakaian Kimono.

Nasrul Abit menyampaikan dalam sambutannya, kegiatan seperti ini harus sering diadakan, agar daya inovasi siswa pelajar semakin terasa. Dan juga siswa yang mengikutinya agar bisa mendapat beasiswa ke Jepang.

“Sebelumnya saya minta maaf kalau saya tidak menguasai bahasa Jepang, saya berharap siswa setingkat SMA, SMK, MA harus bisa menguasai bahasa asing selain Inggris, kalau bahasa Inggris itu wajib hukumnya, akan tetapi kita juga mesti menguasai bahasa asing, seperti Jepang, Arab, Cina dan lainny,” ucap Wagub Sumbar.

Pada pembukaan festival bahasa Jepang tersebut, Nasrul Abit berbagi pengalaman sewaktu berada di Jepang. Mengajak para peserta dan siswa lain agar bisa mengambil pelajaran dari budaya Jepang, seperti menghargai waktu dan sangat disiplin dengan aturan.

“Kebetulan, saya juga pernah berkunjung ke Jepang. Banyak yang saya pelajari dari masyarakat di sana. Mereka sangat disiplin dan bekerja sungguh-sungguh serta yang paling utama yaitu menghargai waktu,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nasrul Abit berpesan agar acara ini diharapkan nanti dapat meningkatkan kerjasama dengan Jepang.

“Harus ada follow up dari kegiatan ini, karena ini dapat meningkatkan kerjasama kita dengan pemerintah di Jepang. Karena kita sering mengirim tenaga kerja yang tamatan dari SMA, yang sebelumnya diberikan pelatihan dan didik mengunakan bahasa Jepang,” sebutnya.

Lomba dan festival ini juga mengajak para siswa agar lebih intensif belajar Bahasa Jepang. Karena bahasa Jepan merupakan bahasa Internasional yang sering dipakai.

“Jepang adalah negara maju dengan industrinya, jadi kita harus bisa menguasainya. Dengan ada lomba dan festival ini juga mengajak para siswa agar lebih intensif belajar Bahasa Jepang,” kata Nasrul Abit.

Wagub Sumbar minta para siswa SMA Sumbar bisa belajar dari Jepang, antara lain memahami semangat belajar dan semangat bekerja orang Jepang. Dimana, mereka sangat berdisiplin, utamanya dalam menghargai waktu.(*)