Bukittinggi – DPD Gerindra Sumatra Barat mendeklarasikan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, serta calon kepala daerah yang akan diusung pada pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Proses deklarasi, ditandai dengan penyerahan formulir B1-KWK sebagai bahan untuk mendaftar sekaligus konsolidasi calon kepala daerah se Sumbar dari Gerindra itu, dilaksanakan di Balai Sidang Hatta, Bukittinggi, Sabtu (29/08).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat Andre Rosiade, Sekretaris DPD Gerindra Sumatra Barat, Evi Yandri Rajo Budiman, Bendahara DPD Gerindra Sumatra Barat Feryanto Gani. Selain itu, juga deklarasi dihadiri pengurus dan kader Gerindra se Sumbar.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat, Andre Rosiade, menyampaikan, Partai Gerindra harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum usai ini.

“Pilkada 9 Desember 2020 mendatang akan menarik. Biasanya pemenang pileg, banyak kalah di Pilkada se-Sumbar. Tapi Gerindra kali ini akan menang. Karena itu, kita terus konsolidasi, terus kerja keras memenangkan kontestasi Pilkada ini dari Gubernur sampai ke Bupati dan Wali Kota,” katanya.

Lebih lanjut Andre menegaskan, Gerindra dan kadernya merupakan jawaban dari segala permasalahan dan kebutuhan masyarakat di Sumatra Barat. Seluruh calon kepala daerah dari Gerindra, mulai dari Gubernur hingga Bupati dan Wali Kota, harus mampu selesaikan segala permasalahan yang timbul di tengah masyarakat.

“Partai Gerindra dan kadernya adalah solusi segala persoalan di Sumbar. Untuk menciptakan Sumbar unggul, dengan program-program yang prorakyat, semua kader dan kandidat, juga harus memenangkan pasangan NA-IC. Apalagi Ketum Gerindra Prabowo sangat mempercayai NA untuk maju memimpin Sumbar. Mari bersama kita atarkan NA-IC jadi Gubernur dan Wakil Gubernur. Semua pengurus, sayap partai, kader dan lainnya bersama memilih dan memenangkan NA-IC. Keduanya adalah tokoh yang sukses sebagai birokrat,” katanya.

Sementara, Ketua Dewan Penasehat DPD Gerindra Sumbar, sekaligus Bakal Calon Gubernur dari Gerindra, Nasrul Abit, menyampaikan terima kasih atas dukungan partai gerindra kepadanya dan juga calon wakil gubernur, Indra Catri. NA-IC berencana akan mendaftar ke KPU Sumbar pada tanggal 6 September mendatang.

“Terima kasih Pak Ketua DPD yang telah memberikan dukungan penuh pada NA-IC dan juga calon di Kabupaten/Kota se-Sumbar. Kami bertekad akan menaikkan derajat 125 nagari yang masih tertinggal di Sumbar. Kita akan buat komitmen dengan Bupati dan Wali Kota untuk menyelesaikan itu. Kita akan membangun SDM bersama-Sama. Fokus selesaikan nagari tertinggal. Kesehatan, pendidikan dan recovery ekonomi karena covid-19,” ujarnya.

Formulir B1-KWK sebagai bahan untuk mendaftar diserahkan untuk calon kepala daerah untuk 13 kab/kota dan satu provinsi, yang diusung oleh Partai Gerindra.

  1. Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumatra Barat “ Nasrul Abit – Indra Catri”
  2. Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Bukittinggi “Erman Safar – Marfendi”
  3. Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Solok “Reiner – Andi Marant”
  4. Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Solok Selatan “Abdul Rahman – Rosma Efendi”
  5. Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Dharmasraya “ Panji Mursyidan – Yosrizal”
  6. Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Pasaman Barat “ Maryanto – Yulisman”
  7. Calon Bupati dan Calon Bupati Agam “ Taslim – Syafrizal”
  8. Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Pesisir Selatan “ Rusma Yul Anwar – Rudi Hariyansyah”
  9. Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Solok “ Ephiyardi Asda – Jon Firman Pandu”
  10. Calon Bupati dan Calon Bupati Tanah Datar “ Eka Putra – Richi Aprian”
  11. Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Padang Pariaman “ Refrizal – Happy Neldi”
  12. Calon Bupati Dan Calon Wakil Bupati Sijunjung “ Arrival Boy – Dr Mendro Suarman”
  13. Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Pasaman “ Atos Pratama – M Saleh”
  14. Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Lima Puluh Kota “ Muhammad Rahmad – Asyirman Yunus”