+62 811-6948-844 ~ ADC nasrulabit.com@gmail.com

Ikut Selesaikan Konflik Wamena, Nasrul Abit Bertemu Petinggi TNI dan Polri

Share

Padang – Kondisi Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, mendapatkan perhatian Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. Hal itu terkait dengan kondisi seribuan masyarakat asal Sumatera Barat yang terdampak.

Minggu pagi tadi, 29 September 2019, Nasrul Abit beserta rombongan, menyempatkan diri berkunjung ke beberapa pos-pos pengungsian yang mayoritas ditempati oleh masyarakat asal Sumatera Barat. Satu diantaranya yakni di pos pengungsian Markas Komando Distrik Militer (Kodim) Wamena.

Selain itu, Nasrul Abit juga menyempatkan memantau situasi terkini dibeberapa titik atau objek vital di zona konflik Wamena dari kendaraan roda empat yang ia tumpangi.
Banyaknya objek vital yang rusak bahkan hangus terbakar, membuat perekonomian di Wamena lumpuh.

Nasrul Abit pun berharap kondisi ini cepat pulih, dan konflik dengan segera dapat mereda. Situasi kembali aman, masyarakat dapat kembali hidup berdampingan secara damai dan perekonomian dapat kembali tumbuh sehingga mampu mensejahterahkan masyarakat disana.

Nasrul Abit juga bertemu dengan petinggi TNI dan Polri untuk mendapatkan informasi serta memberikan saran untuk keselamatan warga, terutama Warga asal Sumatera Barat. Pertemuan dihadiri, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab dan Irjen Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, serta Marsekal Pertama TNI Minggit Tribowo,S.Ip, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo Kepala Badan Nasional penanggulangan Bencana dan beberapa petinggi TNI dan Kepolisian lainnya.

Pertemuan diadakan di ruangan VIP Bandara Sentani, tepat sesaat sebelum Nasrul Abit melakukan perjalanan ke Wamena. Dalam pertemuan singkat itu, Nasrul Abit melakukan koordinasi untuk ikut ambil bagian menyelesaikan permasalahan konflik horizontal ini. Hal ini dilakukan Nasrul Abit, tak lain berdasarkan pertimbangan tanggung jawab sebagai kepala daerah terhadap warganya.

“Saya berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, bagaimana langkah untuk menyelesaikan persoalan ini. Saya berharap kondisi ini dapat segera diatasi. Kita ingin semuanya dapat menjaga persatuan, kesatuan dan kedamaian. Mari bersama-sama kita serukan perdamaian. Jangan saling memecah belah, mari eratkan persatuan,”kata Nasrul Abit.

Selain itu kata Nasrul Abit, dirinya juga akan menggelar pertemuan khusus dengan
Pangdam cendrawasih dan Irjen Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar serta pemerintah Provinsi Papua.

Pertemuan tersebut akan membicarakan langkah selanjutnya dalam membantu menyelesaikan permasalahan. Sehingga didapatkan penyelesaian masalah tanpa ada gesekan yang tidak diinginkan.

“Nanti malam akan kembali kita bahas sejumlah langkah. Saya disini juga mengunjungi masyarakat Sumbar yang di Wamena. melihat langsung bagaimana keadaannya sehingga bisa menepis berita yang tidak benar dan bisa membantu masyarakat Sumbar yang ada di Wamena, sehingga bisa segera memenuhi aspirasi masyarakat, ” tutup Nasrul Abit (*)