Padang – Masa kampanye Pilkada Sumbar 2020 akan dimulai besok, Sabtu (26/9). Nasrul Abit mulai melepaskan jabatan sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumbar mulai 26 September hingga 5 Desember 2020.

Dikatakan Nasrul Abit, LPTQ harus menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai koridor yang ada. Apalagi dalam waktu dekat ini akan dihelat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII Nasional direncanakan akan berlangsung November mendatang di Sumbar.

Ia juga berharap Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2020 yang digelar di Sumbar tidak dikaitkan oleh oknum tertentu dengan isu – isu dalam Pilkada.

“Saya lepaskan jabatan Ketua LPTQ Sumbar untuk sementara. Saya berharap tidak LPTQ dan MTQ nanti tidak dikait-kaitkan dengan saya yang akan mengikuti proses Pilkada,” kata Nasrul Abit.

Lebih lanjut mantan Bupati Pessel dua periode itu menyakinkan MTQ siap untuk dihelat. Proses perencanaan dan latihan bagi kafilah Sumbar telah berjalan cukup lama. Namun MTQ sempat mengalami pengunduran jadwal dan telah ditetapkan kembali.

“MTQ Nasional 2020 ini sempat diundur sebelumnya karena wabah corona, namun sudah dijadwalkan kembali,” katanya.

Sementara, kegiatan MTQ Nasional sudah dijadwalkan kembali pada 12 hingga 21 November 2020. Nasrul Abit menyebut kegiatan dipastikan menerapkan protokol kesehatan covid-19. Ia juga mengimbau agar panitia dan peserta tetap menjaga diri dari ancaman virus covid-19.

Setelah melepaskan jabatan Ketua LPTQ Sumbar, tambahnya, semua urusan dalam rentang waktu pelepasan jabatan itu akan dilanjutkan oleh ketua harian.

“Saya percaya pengurus, panitia dan peserta bisa berjalan. Atas pengertiannya saya ucapkan terimakasih. Kita berharap semoga MTQ 2020 berjalan sukses,” tambahnya.(*)