Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyebutkan, generasi muda Minangkabau perlu dibina sejak usia dini agar tidak lari dari norma dan aturan yang ada. Menurut Nasrul, mental yang baik akan menentukan nasib bangsa ini kedepan, terutama menghadapi era industri 4.0.

Mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu juga menyebutkan pemerintah saat ini berkomitmen meningkatkan posisi daya saing Indonesia di Dunia. Maka dari itu, perlu disiapkan dan dibina anak-anak mulai dari PAUD hingga mahasiswa.

“Kita perlu siapkan generasi muda, mulai dari paud hingga mahasiswa, untuk menghadapi era industri 4.0,”kata Nasrul Abit saat menghadiri Pameran Produk Inovasi di Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Senin 26 Agustus 2019.

Lebih lanjut Nasrul Abit, saat ini ada sebanyak 30 inovasi yang sudah digagas Nagari pasia laweh. Imbasnya, sudah ada sekitar Rp 21 miliar ke nagari pasia laweh. Dan itu, perlu apresiasi terhadap walinagari yang telah menggagas berbagai inovasi dan mendorong masuknya bantuan BUMN ke nagari ini.

“Terimakasih kepada BNI yang telah menyerahkan 400 paket sembako untuk nagari pasia laweh. Inovasi ini tidak perlu banyak, yang penting sukses. Perlu dilakukan evaluasi terhadap inovasi, mana yang masih bisa dilanjutkan, mana yang tidak,”ujarnya.

Selain itu, Nasrul Abit berharap ada juga inovasi di nagari pasia laweh terkait dengan gerakan anti narkoba (parik paga dalam nagari). Narkoba menurut Nasrul harus diberantas secara bersama-sama.

“Diharapkan adanya inovasi di nagari pasia laweh terkait gerakan anti narkoba,”tutup Nasrul Abit.