Padang – Kepala Humas dan Pusat Data BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dinyatakan meninggal dunia dini hari ini di Guangzhou, China. Pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat merasa kehilangan dan turut berduka atas kabar tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit melalui pesan singkat saat dapat kabar, Sutopo meninggal pukul 02.00 waktu setempat. Kabar meninggalnya Sutopo itu disampaikan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB melalui Twitter resminya, Minggu (7/7/2019).

Sementara, Wagub Sumbar Nasrul Abit yang saat itu dalam perjalanan menyampaikan Sutopo Nugroho merupakan sosok yang profesional dalam menjalankan tugasnya. Respon yang cerdas dan informastif selalu ditunggu pemerintah maupun masyarakat, jika terjadi bencana termasuk di Sumatera Barat.

Sosok Sutopo Purwo Nugroho selalu memberikan informasi lengkap tentang bencana yang terjadi di tanah air, dengan tenang dan sejuk, sehingga menghindari ketakutan dan kecemasan serta kepanikan masyarakat.

Tidak hanya itu, Nasrul Abit juga menyampaikan kepada keluarga agar dapat sabar dan tabah.

“Kita semua juga merasa kehilangan sosok Sutopo yang arif bijaksana dalam penyampai pesan kepada siapa saja baik di media maupun di media sosialnya”. tambahnya.

Selain profesional dan populer, pak Sutopo juga dikenal pekerja keras, walaupun sedang sakit sekalipun beliau tetap memberikan informasi tentang kebencanaan.

“Kami masyarakat Sumatera Barat amat mengapresiasi kinerja beliau. Sutopo Purwo Nugroho yang bersahabat dan familiar di Sumbar. Semoga Tuhan mengampuni segala dosa-dosanya dan Almarhum ditempatkan Allah SWT di Surga, Aamiin,” kata Nasrul Abit haru. (*)