Padang – Bupati Padang Pariaman, Sumatra Barat Ali Mukhni, terkonfirmasi positif terpapar Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 setelah melakukan perjalanan luar kota. Saat ini, kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik-baik tanpa ada gejala klinis. Ia masuk dalam kategori Kasus Konfirmasi (bergejala dan tidak bergejala) atau yang selama ini lazim disebut dengan istilah Orang Tanpa Gejala (OTG).

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, ketika diminta tanggapan mengenai hal tersebut mengungkapkan rasa prihatin sekaligus mendoakan Ali Mukhni lekas sembuh agar kembali bisa beraktifitas melayani masyarakat.

“Kita turut prihatin atas apa yang menimpa pak Ali Mukhni. Kita mendapatkan informasi kalau beliau terinfeksi Covid-19. Kita doakan semoga beliau lekas sembuh. Semoga Allah SWT memberikan kesembuhan. Kita doakan bersama,” kata Nasrul Abit di sela- sela kegiatannya di daerah Solok, Minggu (23/8).

Nasrul Abit juga mengapresiasi langkah yang diambil Ali Mukhni dengan mengumumkan melalui video kalau dirinya terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut Nasrul Abit, apa yang dilakukan oleh Ali Mukhni patut diapresiasi. Covid-19 bukanlah sebuah aib.

“Beliau sudah ekpose terlebih dahulu kalau beliau terinfeksi Covid-19. Ini adalah contoh pejabat yang baik, berani jujur dan terbuka. Kita apresiasi,” ujar Nasrul Abit.

Mengingat Covid-19 bisa menginfeksi siapa saja, Nasrul Abit kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap mentaati dan menjalankan protokol kesehatan. Trend kenaikan kasus Covid-19 di Sumbar beberapa hari terakhir, dapat dikendalikan jika kemudian kita menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Selain juga, tracing dan testing yang masif dilakukan oleh tim gugus tugas.

“Kita imbau masyarakat terapkanlah protokol Kesehatan dengan baik. Agar mata rantai penyebaran dapat kita putus bersama. Yang datang dari luar Sumatera Barat, harus mengikuti protokol yakni dengan menjalani swab tes dan karantina mandiri hingga hasil swab tes tersebut keluar dan negatif Covid-19,” sebut Nasrul Abit.(*)