Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Datuk Malintang Panai mengatakan, melalui penerapan system perizinan terintegrasi Online Single Submission (OSS) melayani 247 jenis perizinan dan non perizinan dari 19 sektor dan aplikasi pelayanan perizinan secara elektronik diberi nama Sistem Informasi Perizinan Sakato (SIP Sakato).

Hal itu disampaikannya pada acara Sosialisasi Kebijakan Pelayanan Perizinan yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumatera Barat (DPMPTSP), Senin, 9 Maret 2020.

Acara Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit tersebut dihadiri anggota DPRD Sumbar Zafri Deson serta 124 peserta yang terdiri dari Aparatur DPM PTSP, OPD teknis, Camat, Wali Nagari, Tokoh masyarakat serta Pelaku Usaha se Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

“Aplikasi banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat, mulai dari pendaftaran, tracking perizinan, laporan pengaduan dan fitur Geografic Information System (GIS), dimana kita bisa mengecek lokasi perizinan,” kata Wagub Sumbar.

Pelayanan PTSP terhadap perizinan telah disempurnakan menjadi lebih efisien, melayani dan modern. Sehingga masyarakat tidak selalu harus datang ke dinas PMPTSP untuk mengurus izin usahanya.

“Cukup dirumah saja, izin usaha sudah bisa diterbitkan, terutama usaha mikro,” ucap Nasrul Abit.(*)