PADANG – Wartawati Nasrul Abit Pengurus Antar Waktu Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Provinsi Sumatera Barat masa bakti tahun 2016-2020 secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Syaiful, SH selaku Ketua Umum KONI Sumbar di Auditorium Gubernuran, Sabtu (26/10/2019).

Dalam pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Ibu Wakil Bupati/Walikota se Sumbar, Ketua Persit, Ketua Bhayangkari Sumbar, Ketua KONI se Sumbar, Ketua Umum Organisasi Wanita Rohana Kudus, Ketua dan Anggota PERWOSI se Sumbar beserta organisasi wanita lainnya.

PERWORI sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang olahraga, diharapkan bisa meningkatkan eksistensi wanita dalam mengembangkan olahraga di Sumbar.

Olahraga adalah suatu kebutuhan hidup manusia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

“Maka dari itu, marilah kita budayakan hidup berolahraga, dengan olahraga kita akan selalu dapat mempertahankan kesehatan tubuhnya,” kata Nasrul Abit.

Lanjut Ia berpesan agar Perwosi kedepan harus bisa membangkitkan semangat bagi atlet perempuan di Sumbar dalam meraih prestasi olahraga.

“Saya optimis mudah-mudahan dengan semangat yang baru para atlet wanita bisa lebih optimal, kami dari pemerintahan sangat support, semoga PERWOSI Sumbar bisa lebih baik,” ungkap Nasrul Abit.

Menurut Wagub Sumbar, dalam kegiatan olahraga sebaiknya diikuti dengan sponsor, karena tanpa sponsor mustahil para atlet kita bisa terus berkembang, karena membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Sering kali kita tersendat dalam pembinaan atlet, prestasi dan pembiayaan lantaran kekurangan dana. Ini sangat miris sekali, sehingga menimbulkan Degradasi prestasi bagi atlet kita,” tuturnya.

Sementara itu Ketua PERWORI yang baru Wartawati Nasrul Abit, S.Pd, M.Pd mengucapkan terima kasih telah mempercayainya untuk memimpin PERWOSI Sumbar dengan masa bakti 2016-2020, Ia juga menyampaikan PERWOSI Sumbar dan Kabupaten Kota diharapkan mampu menyusun program kerja kedepan, dapat melakukan usaha untuk meningkatkan peran wanita dalam pengelolaan dan pembinaan olahraga khususnya bagi wanita dan anak-anak serta remaja.

“Dengan semangat baru marilah kita bangun kerja sama dengan pemerintah daerah serta dengan organisasi lainnya untuk memajukan PERWOSI dengan penuh kecintaan terhadap olahraga,” ucapnya.

Selanjutnya Ketua Perwosi Wartawati menyampaikan bahwa berolahraga itu sangat penting. Untuk itu dirinya mengajak agar masyarakat harus menyempatkan diri untuk berolahraga. Menurutnya salah satu penyebab kurangnya aktivitas fisik tersebut adalah tingkat kesibukan yang tinggi.

“Dalam hal ini, kaum perempuan, khususnya ibu-ibu, memegang peranan sangat penting. Lifestyle hidup sehat dapat dibiasakan oleh ibu-ibu sejak bangun pagi, beribadah, kemudian bisa mengajak keluarga untuk berolahraga, bahkan berolahraga juga bisa awet muda,” jelas Wati.

Wartawati juga berharap para olahraga massal seperti senam pagi bisa lebih aktif dan memiliki inovasi gerakan senam baru yang dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk lebih giat berolahraga baik remaja, dewasa, dan lansia.

Kemudian sebagai penutup ketua PERWOSI menyampaikan, bahwa dengan pelantikan dan pengukuhan pengurus yang baru ini, diharapkan dapat mewujudkan program kerja yang lebih baik dari yang sebelumnya. Momentum ini sebagai titik awal dalam upaya bersama guna mengevaluasi, dan mendiskusikan berbagai program kerja yang akan dicapai di masa depan.