Sumatera Barat memiliki 70.116 unit usaha dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 912.73 orang yang tersebar di 19 Kabupaten Kota di Sumatera Barat. Semua unit tersebut tidak memiliki usaha yang berkapastias makro saaat ini lebih mengarah ke usaha Mikro dan kecil menengah.

Demi menggerakkan roda perekonomian, hal ini masih sangat butuh percepatan untuk mensejahterakan masyarakat Sumatera barat baik yang berada di kampung maupun di rantau.

Masyarakat Minang mempunyai karakteristik yang unik serta mempunyai daya juang dalam meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhannya namun lebih banyak yang berusaha di daerah rantau.

Dalam pembenahan kewirausahaan di Sumatera Barat harus menjadi perhatian kita bersama dalam menghadapi era 4.0 dan digitalisasi. Pembenahan yang harus dilakukan yaitu:

  1. Menjadikan Pendidikan sebagai investasi masa depan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bersaing di era globalisasi
    .
  2. Meningkatkan kualitas produk UMKM melalui berbagai pelatihan dan bagaimana kualitas packaging serta dalam meningkatkan standar kualitas produk.
  3. Meningkatkan pengetahuan untuk menguasai teknologi informasi yang menjadi pasar utama pemasaran produk